Skenario Pembelajaran
(RPP Disederhanakan)
Mata Pelajaran : PPKN
Kelas/Semester : VII
Waktu : 1 X 35 Menit
Hari :
Jumat
1.
Kompetensi
Dasar
1. Mendeskripsikan hakikat
norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
2. Indikator
- Menjelaskan hakekat norma
- Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
- Menguraikan macam-macam norma
3. Tujuan
Pembelajaran
Diharapkan setelah proses pembelajaran melalui
strategi true or false siswa dapat:
1.
Menjelaskan
hakikat norma
2.
Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
3.
Menguraikan
jenis-jenis norma
4. Materi
Pembelajaran
·
Pengertian
norma
Norma adalah aturan atau kaidah yang di gunakan
untuk mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat.
·
Tujuan norma
Tujuan norma Adalah untuk menciptakan ketertiban
dan kedamaian di dalam masyarakat.
·
Fungsi norma
Adalah untuk memberi petunjuk kepada manusia
bagaimana seseorang harus bertindak dalam masyarakat serta perbuatan-perbuatan
mana yang harus dijalankan dan mana yang harus ditinggalkan atau dihindari.
·
Macam-mcam
norma
Macam-macam
norma terdiri atas:
a.
norma agama
b.
norma kesopanan
c.
norma
kesusilaan
d.
norma hukum
·
Sanksi norma
Sebagaimana
telah dijelaskan diatas, sanksi terhadap pelanggaran norma adalah :
a.
norma agama berupa siksaan dari Tuhan kelak di akhirat
b.
norma kesopanan berupa celaan dan pengucilan dari masyarakat lingkungannya
c.
norma kesusilaan berupa rasa menyesal,malu, was-was, dll
d.
norma hukum
berupa ancaman hukuman ( kurungan, denda, penyitaan, dll )
· Akibat yang ditimbulkan dengan adanya pelanggaran norma
a.
adanya pelanggaran hak
b.
meningkatnya angka kejahatan
c.
terciptanya keresahan dalam masyarakat
d.
hilangnya rasa
keadilan dalam masyarakat
e.
tumbuhnya sikap
saling mencurigai
f.
adanya konflik yang berbau SARA
5. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media/Alat Belajar: LCD, Leptop
2. Sumber Belajar: Buku Pelajaran
PPKn Kelas VII
6. Strategi Pembelajaran Aktif: True or false
7. Langkah-langkah Pembelajaran:
Fase Kegiatan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam sekaligus motivasi mengenai tanggung jawab
2. Guru mengabsensi siswa dan
membahas pembelajaran minggu lalu
3. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran kepada siswa
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru membuat sejumlah pernyataan yang berhubungan dengan materi
pelajaran, separuh benar dan separuh yang lainya salah.
2.
Guru menulis masing-masing pernyataan pada kertas yang berbeda dan memastikan
jumlah pernyataan yang memuat materi yang dijelaskan
3.
Guru memberikan satu kertas pernyataan yang benar dan masing-masig
diminta mengidentifikasi mana pernyataan yang benar dan mana yang salah.
Siswa boleh menggunakan cara dan argumentasi apa saja untuk menentukan
jawaban
4.
Guru menyuruh siswa apabila proses di atas selesai, untuk membaca masing-masing
pernyataan mintalah jawaban dari kelas apakah pernyataan tersebut benar atau
salah
5.
Guru memberi masukan untuk setiap jawaban, dan menyampaikan cara kerja
siswa adalah dengan bekerja bersama dalam tugas
6.
Guru menekankan bahwa kerjasama kelompok yang positif akan sangat membantu
kelas
|
20-30
Menit
|
Penutup
|
1. Simpulan : Guru dan siswa
sama-sama menyimpulkan materi dengan menyanyikan lagu mengenai norma
2. Refleksi :
Guru menjelaskan mamfaat yang dilakukan melalui strategi pembelajaran
true or false dan menjelaskan mamfaat yang berhubungan dengan materi norma
3. Tindak Lanjut: Guru menutup pelajaran dengan mmembaca hamdalah dan
salam
|
10 menit
|
Menyetujui,
Surakarta,
14 Desember 2013
Dosen Pengampu
Achmad
Muthaliin ( Devi Aryani)
A 220 110 116
0 komentar:
Posting Komentar